Sabtu, 08 September 2012

10 K-POP Generasi Pertama

1. H.O.T
H.O.T (High-five Of Teenagers) sering disebut sebagai pelopor konsep boyband di industri K-Pop. Mereke debut dengan lima member yaitu Moon Hee Jun, Jang Woo Hyuk, Tony An,kangta dan Lee Jae Won pada tahun 1996.
Grup ini meraih sukses besar dengan album mereka, dan track seperti Candy, We Are The Future dan Happiness seolah menjadi lagu-lagu abadi yang banyak dibawakan boyband yang lebih muda. Selain benyanyi member H.O.T juga menulis lagu-lagu untuk mereka sendiri, sementara Hee Jun dan Woo Hyuk membuat koreografi dance. 
Setelah pecah di tahun 2001, member H.O.T lebih memilih bersolo karir. Hee Jun sempat berkarir sebagai musisi rock, sebelum mendapat tempat di berbagai variety show.
kangta telah merilis 7 album solo di bawah SM Entertainment dan saat ini aktif menjadi juri dari talent show The Voice of Korea. Sementara tahun lalu, Jang Woo Hyuk sempat meluncurkan Time is [L]over dan Weekend Night yang merupakan bagian album solo ketiga, I Am The Future.
Tony saat ini merupakan seorang MC di program Mnet M! Count Down dan meproduseri boyband SMASH. Sementara member termuda yaitu Jae Won saat ini sempat aktif untuk mempromosikan albumIt's The Time di China.
Nama Fanclub: Club H.O.T


2. Shinhwa
Shinhwa  merupakan boyband yang mampu bertahan paling lama di industri musik K-Pop. Setelah semua membernya usai menjalani wajib militer, boyband ini meluncurkan album ke-10. 
Shinhwa pertama kali debut di tahun 1998 dengan 6 member lewat lagu Resolver. Nama mereka sempat gagal mencuat karena berada di bawah bayang-bayang H.O.T. Namun track mereka Eusha eusha membuat boyband ini dilirik. Lagu tersebut seolah juga menjadi track yang harus diputar ketika musim panas tiba. 
Shinhwa mungkin bukan grup dengan kemampuan dance  dan vokal terbaik. Namun mereka dikenal dengan persahabatan membernya yang  kuat. Jika di kancah musik K-Pop seolah ada kutukan boyband hanya mampu bertahan 5 tahun, mereka telah jauh melewati masa-masa tersebut.Menariknya  Shinhwa  adalah boyband pertama yang membuat agensi mereka sendiri,  Shinhwa Company, dengan leader Eric dan Min Woo sebagai CEO

3. S.E.S
S.E.S debut dengan tiga member yaitu  Sea (Bada), Eugene dan Soo pada tahun 1997 di bawah SM Entertainment. Mereka adalah girlband K-Pop pertama yang paling sukses, dan memperkenalkan berbagai perubahan image mulai dari imut hingga seksi dan dewasa. 
Girlband ini telah menghasilkan lima album full Korea dan satu album Jepang. Pada tahun 2002, 5 tahun setelah debut dan di puncak karir mereka, member S.E.S memilih untuk berpisah.Tiga member mereka menapaki karir yang berbeda. Eugene lebih memilih akting, Bada menjalani karir sebagai penyanyi solo dan Shoo sukses lewat dunia musikal. 
Nam Fanclub: Friend
4. Fin.KL
Fin.K.L merupakan salah satu girlband paling sukses di K-Pop bersama S.E.S. Girlband ini debut di tahun 1998 dengan leader Lee Hyori dan member Ock Joo Hyun, Lee Jin dan Sung Yuri.
Tidak seperti kebanyakan lagu cute di saat itu, Fin.K.L muncul sebagai grup R&B ballad. Hal ini terutama didukung oleh kemampuan lead vokal Joo Hyun. 
Setelah album keempat berjudul Forever di tahun 2002, 4 member girlband ini  memilih jalan berbeda, meski tidak secara resmi berpisah. 
Yuri dan Lee Jin terjun ke dunia akting, dan menang award Best Actress dalam kategori drama dan komedi di tahun 2002. 
Joo Hyun menjadi bintang musikal dan memiliki studio yoga. Sementara Lee Hyori mampu mencuat sebagi bintang solo dan disebut sebagai diva seksi Korea.
Selain empat album solo, Lee Hyori juga menjadi host season pertama dari Family Outing dan program musik You and I.
Fanclub: Pinky

5. g.o.d
Boyband g.o.d (Groove Over Dose) debut di tahun 1999 dengan single  hit To Mother. Mereka terdiri dari leader Park Joon Hyung, vokalis Son Ho Young, Kim Tae Woo dan Yoon Kye Sang, serta leader rapper Danny Ahn.
g.o.d berhasil menyabet daesang di tiga program broadcast MBC, KBS dan SBS setelah penjualan album ke-4 mereka meraih angka jutaan. 
Pada tahun 2004, member boyband ini Kye Sang keluar dari grup dan memulai karir sebagai aktor.  g.o.d merilis album ke-7, Into the Sky, sebelum perpecahan di tahun 2006.
Fanclub: FAN god

6. Jinusean
Kim Jin Woo (Jinu) telah menjalani debut sebagai artis solo sejak tahun 1994. Pria tersebut lantas kembali ke Amerika. Namun Yang Hyun Suk, CEO YG Entertainment yang mengetahui popularitas Jinu  bertemu dengan pria tersebut di Los Angeles dan  lantas membentuk grup Jinusean dengan tambahan member Noh Seung Hwan (Sean).
Duo Jinusean  mengombinasikan lirik berbasa Inggris dan Korea dengan irama hip hop dan funk. Grup ini debut di tahun 1997 dengan lagu pertama Gasoline.
Namun nama mereka benar-benar mencuat setelah single  kedua Tell Me, featuring Uhm Jung Hwa yang sering disebut sebagai Madonna dari Korea.
Jinusean akhirnya vakum setelah album kelima Norabosae di tahun 2004. Saat ini dua bintang tersebut aktif dalam bisnis bersama YG Entertainment.
Di bulan Mei 2011, Sean menyebut comeback dari Jinusean dan duo ini tampil di acara ulang tahun ke-15 YG pada tanggal 3-4 Desember 2011

7. Baby V.O.X
 Girlband Baby V.O.X. merupakan singkatan dari nama Baby Voices of Xpression. Mereka debut dengan berbagai masalah internal sebelum sukses dengan album ketiga Get Up, yang meraih posisi No. 1 di berbagai program musik. 
Lima member girlband tersebut mampu mengalahkan H.O.T di chart musik lewat single Killer dan meraih penghargaan Top Excellency Award di Seoul Music Award 1999.
Baby V.O.X. sendiri terdiri dari Kim E-Z, Lee Hee Jin, Shim Eun Jin, Kan Mi Youn dan member termuda Yoon Eun Hye. Ketika terjun ke kancah musik China, grup ini meraih popularitas yang begitu besar sebelum akhirnya nama mereka juga dikenal di Jepang dan negara Asia lainnya.
Pada tahun 2004, grup ini vakum dari kegiatan promosi. Eun Jin dan Eun Hye memilih meninggalkan grup di tahun 2005 dan pada tahun 2006 Baby V.O.X secara resmi berpisah.
Nama fanclub: Baby Angels

8. 1TYM
1TYM (One Time) adalah grup hip hop berisi 4 member dengan 2 member berasal dari Amerika. L Teddy dan lead vocal Danny yang sudah saling kenal pindah ke Korea setelah diterima di YG Entertainment.
Di tahun 1998, Teddy dan Danny bersama Jin Hwan dan Baek Kyoung debut dengan nama 1TYM, lewat album One Time for Your Mind.  Grup ini secara total merilis lima album sebelum vakum di tahun 2006 ketika membernya Jin Hwan menjalani wajib militer.
Nama fanclub: Hip Hop Village
Warna fandom: Black towels/handkerchiefs

9. Fly to the Sky
Duo R&B Fly to the Sky debut tanggal 21 November 1999 dan memilih genre berbeda dari lagu-lagu techno bertempo cepat dan dance music. Mereka tampil dengan lagu ballad bertempo medium  dengan album debut Day by Day terjual lebih dari 250,000 copy yang mengantarkan mereka sebagai Best New Artist di tahun 2000

10. Sechs Kies
Sechs Kies disebut sebagai rival H.O.T. Boyband ini debut dengan enam member yaitu leader Eun Ji Won dan member Lee Jae Jin, Kim Jae Duc, Kang Sung Hoon, Ko Ji Yong dan Jang Su Won di tahun 1997.
Grup ini terdiri dari dua sub yaitu Black Kies dan White Kies.  Member black lebih banyak tampil dengan rapp sementara white lebih mengandalkan vokal.
Hanya delapan bulan dari debut mereka, Sechs Kies menjadi pusat pemberitaan karena menggelar konser tunggal pada tanggal 21 Desember, 1997. 
Nama fanclub: DSF (Dear Sechskies Friend)
Warna fandom: Kuning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar