Kamis, 10 Juli 2014

Belajar FuelPHP Part 1 (Tahap Pengenalan)

   











Apa Yang Dimaksud FuelPHP?

FuelPHP adalah framework yang di bangun dari bahasa pemrogramman PHP, dan menerapkan konsep HMVC. Framework Ini di buat dari ide-ide terbaik yang bertujuan menyempurnakan framework-framework yang sudah ada dengan memperhitungkan orientasi terhadap para developer saat ini untuk mempermudah para programmer dalam mendevelop website yang berbasis PHP. Framework ini didesain untuk PHP versi 5.3
Beberapa Pendapat Yang menyatakan bahwa ide penggunaan PHP Versi 5.3 merupakan ide Yang kurang Baik, namun pengembang Fuel berkeyakinan bahwa PHP Versi 5.3 Akan segera menjadi Standar Yang diimplementasi pada banyak webserver.

Sejarah

Proyek FuelPHP dimulai pada bulan Oktober 2010.The kontributor utama FuelPHP adalah Harro Verton, Jelmer Schreuder, Dan Horrigan, Philip Sturgeon dan Frank de Jonge. Pada November 2013 Steve Barat bergabung dengan tim pengembangan.
Philip Sturgeon dan Dan Horrigan telah memberi kontribusi pada kerangka CodeIgniter. [6]
Versi pertama dari FuelPHP (FuelPHP 1.0) dikembangkan di bawah repositori GitHub bernama Fuel. Repositori GitHub lain bernama FuelPHP diciptakan untuk pengembangan versi kedua (FuelPHP 2.0).

Pedoman FuelPHP

Membangun kerangka kerja berdasarkan ide-ide terbaik dari kerangka kerja lainnya.
Kerangka kerja ini harus menyediakan fungsionalitas yang kuat, itu harus mudah untuk bekerja dengan dan harus memiliki basis kode yang ringan.
Mempertimbangkan orientasi pengembang masyarakat.

Architecture

FuelPHP ditulis dalam PHP 5.3.
Cascading File System (terinspirasi oleh framework Kohana): Struktur direktori sebagian didasarkan pada ruang nama yang digunakan oleh kelas
Fleksibilitas: Hampir setiap komponen dari kerangka inti dapat diperpanjang atau diganti
Modularity:Aplikasi dapat dibagi menjadi modul
Ekstensibilitas:Fungsi tambahan dapat ditambahkan ke kerangka melalui paket 


Apa Saja Fitur FuelPHP?

(H)MVC framework

FuelPHP adalah kerangka kerja MVC (Model-View-Controller) yang dirancang untuk memiliki dukungan penuh untuk HMVC sebagai bagian dari arsitektur. 
 
Fuelphp juga menambahkan ViewModels (juga dikenal sebagai model presentasi) yang memberikan Anda pilihan untuk menambahkan lapisan kuat antara Controller dan View.

Modular

fuel didesain untuk memudahkan pekerjaan secara modular pada setiap aspek. Setiap kelas (Class) di Fuel Core dapat diextend atau bahkan diganti dengan kode yang ada di aplikasi, sehingga memberikan fleksibilitas sesuai yang diinginkan oleh pengembang aplikasi.

Modularitas dilakukan dengan Modul (Module). Modul merupakan grup dari elemen MVC yang berdiri sendiri. Penggunaan modul ini memudahkan enkapsulasi dari kode dan dapat juga dipergunakan kembali pada modul lain. Penggunaan modul ini sangat berguna untuk aplikasi-aplikasi yang cukup besar dengan banyak fitur. Modul ini dapat berdiri sendiri, tanpa harus mengakses kode global. Namun Modul juga dapat dipergunakan pada HVMC context, dimana controller memanggil controller lain pada modul berbeda.


Fungsi tambahan ditambahkan dengan Paket (Packages). Paket merupakan ‘self-contained extension’ pada namespace(fitur yang hanya ada di PHP 5.3)nya sendiri, dengan kata lain paket merupakan extension dari core. Fuel yang didownload sudah terdapat paket seperti ORM dan Auth yang dapat dipergunakan dengan mudah.

Paket dan modul juga merupakan cara yang bagus untuk memungkinkan penggunaan kembali kode Anda.


Keamanan

Keamanan Adalah salah satu hal utama yang menjadi focus kita dalam memulai fuelphp.
Out-of-the-box FuelPHP's Views akan mengkodekan seluruh output Anda untuk membuatnya aman dan mencegahnya dari serangan XSS

Jika Anda perlu untuk mengamankan HTML Anda dapat mengeceknya sebagai aman atau telah dibersihkan secara default HTMLawed

FuelPHP juga mendukung pencegahan CSRF dengan token, masukan penyaringan dan Query Builder akan membantu Anda dalam mencegah serangan injeksi SQL.
Beberapa fitur keamanan dalam fuelPHPsalah satunya adalah penggunaan yang ditawarkan oleh PHPSecLib.


Task dan Oil Package

Tasks merupakan kelas yang dapat dijalankan melalui command line (CLI) atau dibuat menjadi cron job. Task biasanya dipergunakan untuk ‘background process’, proses-proses terjadwal dan proses-proses maintenance. Task dapat memanggil model dan kelas lain seperti controller.

Ada hal menarik dari Fuel, yaitu Oil Package. Paket ini merupakan perintah yang dapat dipergunakan untuk memfasilitasi ‘quick development’. Oil merupakan utilitas command line yang didesain untuk mempercepat pengembangan aplikasi dengan beberapa fungsi yaitu :

Generate – Membangun Komponen MVC, migrasi dan scaffolding.
Refine – menjalankan ‘task’ seperti migrasi.
Package – Install, update and Uninstall packages.
Console – Test kode yang dibangun dengan ‘shell’ interaktif.



Kelas dasar untuk Controller dan Model

FuelPHP mencakup beberapa kelas dasar untuk memberikan Anda awal yang terbang.
Controller_Template - halaman template untuk pengendali Anda.
Controller_Rest - Cara mudah untuk membuat API tenang.
Controller_Hybrid - Gabungkan dua fitur ke controller tunggal.
Model_Crud - Menyediakan semua metode untuk operasi CRUD pada satu table



ORM (Object Relational Mapper) Package

Fuel menggunaan engine ORM yang dibuat sendiri oleh tim pengembang Fuel dan tidak menggunakan engine yang sudah ada seperti Doctrine, Propel dll. ORM yang dibuat oleh tim Fuel ini diklaim dapat berjalan dengan ringan (lightweight), dan dapat diintegrasi dan diextend dengan mudah pada framework ini. Dan dengan dibuatnya engine ORM sendiri, maka tim pengembang mendapatkan kontrol penuh pada fitur-fitur yang akan dibuat ke depan.

ORM ini memudahkan pengembang aplikasi untuk bekerja dengan database. Hanya dengan sedikit kode, pengembang dapat membuat aplikasi CRUD, bahkan dapat juga dipergunakan untuk menentukan hubungan antar tabel, misal hubungan one-to-one, one-to-many dan many-to-many.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar